Ayok Nabung

Siapa disini yang senang menabung?
Belakangan ini aku mulai mengisi tabungan lagi. Menurutku menabung itu sebenarnya tidak susah. Niat dan memulaipun tidak berat. Yang berat adalah konsisten menabung. Aku selalu menggunakan sistem sedikit yang penting rutin dan masih menabung dengan cara lama yaitu recehan, menggunakan botol bekas atau celengan yang dijual di pasaran. Disini aku tidak menargetkan berapa yang harus dimasukkan kedalam celengan; 100, 200, 500, 1000, 5000, dan berapapun. Dari pada uang recehan berantakan kemana-mana lebih baik ditabung kedalam celengan kan? Keuntungan dari ini bisa beli sesuatu dari hasil nabung recehan.
Dari kecil orang tua sudah mengajarkan menabung. Setiap sisa uang jajan, selalu disimpan di tempat terpisah dan kebiasaan ini masih terbawa sampai saat ini karena semakin sadar manfaat yang didapatkan. Hal yang paling di ingat semasa sekolah, waktu SMA pingin beli album kpop dan harganya juga lumayan untuk anak sekolahan. Waktu itu tentunya tidak punya nyali yang kuat untuk minta ke orang tua. Jadilah aku membongkar tabungan.
   
Lalu, waktu masih nge-kost di Jogja, pingin banget beli novel di Periplus yang harganya cukup bikin perih mata untuk anak kost. Akhirnya ingat punya tabungan dan setelah dihitung, di tukar ke Indomaret. Ternyata uang selama menabung malah bisa beli novel dan masih bisa disisihkan dan ditabung kembali. Setiap mau beli sesuatu dan uangnya kurang,  bantuan selalu datang dari botol celengan.
       
Manfaat besar lainnya adalah bisa jalan-jalan di negeri orang. Waktu masih di China, aku suka travelling dan hobby travelling ini membutuhkan modal. Berkat rajin menabung recehan, aku bisa pergi ketempat yang aku inginkan. Pertama kali ke Shanghai, uang makan selama travelling, uang naik bus, dan jajan di foodstreet dari tabungan recehan. Di waktu libur selanjutnya aku pergi ke kota Xi'an dan beli tiket dari uang tabungan recehan. Kebetulan tiket ke Xi'an tidak begitu mahal, uangnya masih bisa untuk makan dan jajan di halal food street. Uang recehan ini sangat penting ketika pergi-pergi ke tempat wisata untuk membayar transportasi dan masuk ke berbagai tempat yang murah. Ada kebanggaan tersendiri setelah menabung karena budget sebagian besar dari recehan tanpa menguras jatah bulanan.  Semenjak itu jadi semakin rutin menabung walaupun hanya 1 yuan.

Jadi walaupun receh manfaatnya banyak banget. Recehan akan selalu tetap dibutuhkan di mana saja. Menabung tidak hanya bantu diri tapi bisa membantu kegiatan yang lainnya juga. Banyak orang membiarkan recehannya padahal kalau dikumpulin bisa buat kebutuhan mendadak.
Tidak apa recehan, dikumpulin dan ditabung. sedikit demi sedikit yang penting konsisten.
Sedikit demi sedikit lama-lama bisa beli rumah 😂


Jangan lupa nabung :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Temu

Liberal

Student Exchange to SIAS International University